Kalirejo, Kulonprogo dan DIY

Thursday, May 23, 2019

Judul: Kalirejo, Kulonprogo dan DIY
Penulis: Dwi Lestari, Kemiyati Wirono
Penerbit: CV. Belibis Pustaka Group
Cetakan: April, 2019
Tebal: xxii + 172 halaman
ISBN: 978-602-5653-45-2
Harga: -



Kata Sambutan Kepala Desa Kalirejo

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,,,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaNya sehingga penulisan buku Sejarah Kalirejo ini bisa terselesaikan dengan baik. Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Yang terhormat Ketua BPD beserta anggotanya yang telah memberikan dorongan dan motivasi untuk terus berkarya.
2.      Perangkat Desa dan teman-teman lembaga yang sudah memberikan kelengkapan data sejarah Kalirejo.
3.      Bapak dan Ibu narasumber yang sudah memberikan informasi dalam pengungkapan sejarah Kalirejo.
4.       Yang saya banggakan, Warga Kalirejo tanpa terkecuali yang sudah turut mendukung suksesnya penulisan sejarah ini, serta,
5.       Tim Penulis yang sudah merelakan tenaga waktu, dan pikirannya untuk menyelesaikan buku sejarah Kalirejo ini.
Saya sebagai Kepala Desa mengucapkan terima kasih dan apresisasi setinggi-tingginya dengan terbitnya buku ini. Atas bantuan dan kerjasamanya semua pihak yang telah melancarkan proses demi terselesaikannya buku ini. Buku ini dikemas dalam isian sejarah dan budaya yang dilakukan masyarakat Kalirejo secara umum, Hal ini dilakukan untuk menghadapi peradaban baru. Dan sudah sepatutnya kita semua mengetahui sejarah serta budaya di desa yang kita cintai ini.
Kaitannya dengan sejarah tentunya kita harus menengok ke belakang, sehingga tahu apa dan bagaimana jejak para pejuang serta cikal bakal Desa Kalirejo. Yang semua sudah terjadi tentu bukan karena tiba-tiba, namun adanya makam, petilasan bahkan lingga yoni adalah ada pendahulunya.  Dan kaitannya dengan budaya yang ditinggalkan para leluhur, sebagai warga Kalirejo patut untuk melestarikannya.
Dengan demikian, harapan besar saya sebagai Kepala Desa Kalirejo dengan adanya buku ini akan tumbuh para generasi penerus Desa yang paham dan tahu akan sejarah dan mencintai budaya serta adat istiadat desa ini yang sangat agung. Apa yang sudah ada, perlu kita lestarikan bersama, guna menumbuhkan jiwa perjuangan dalam rangka membangun Desa Kalirejo secara bersama-sama. Dengan tetap menjaga budaya agar tidak luntur bahkan tergusur oleh perkembangan zaman, yang semakin maju, berkembang dengan pesatnya teknologi. Kita boleh mengikuti derasnya  arus zaman .Akan  tetapi kita harus tetap dalam karedor kebudayaan Desa Kalirejo. Wejangan para sesepuh terdahulu yaitu sebuah pesan singkat untuk anak cucunya “gocekan waton sik kenceng lan ojo nganti kintir nanging bisoo ngendang”. Pesan tersebut, jika kita merasakan akan memuat sebuah filsafat hidup untuk meniti kehidupan ini.
Demikian Kata sambutan saya untuk pembaca semuanya. Banyak kesalahan mohon maaf dan selamat membaca untuk direnungkan dan semoga dapat menjadi bekal pengetahuan untuk menatap masa depan yang lebih cerah lagi.
Terima kasih dan salam budaya . . . . . . . !!!!!!!!!
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Hormat Kami,

L a n a, S.Pd



Emoticon